Minggu, 03 Mei 2009

pika



Pika adalah nama hewan yg bentuknya menyerupai hamster, namun sedikit lebih besar dengan telinga bundar & ekor pendek. Pika sering dikelirukan sebagai Rodentia / ordo pengerat karena kemiripan ciri-cirinya. Sebenarnya, pika bukan termasuk Rodentia & berkerabat dengan kelinci. Nama "pika" konon berasal dr bahasa Tungus "piika" yg berarti "berdecit". Pika sering juga disebut sebagai "kelinci karang".


Pika umumnya berukuran antara 18-20 cm, dengan ekor kurang lebih sepanjang 2 cm. Tubuh mereka diselimuti bulu-bulu halus yg tebal, yg membantu melindungi mereka dari udara dingin. Para ilmuwan percaya, pika adalah satu dari sedikit hewan dari zaman es yg masih hidup sampai sekarang,sementara hewan-hewan zaman es lainnya seperti singa es dan mammoth sudah punah. Hal ini didukung dengan penemuan fosil pika berumur 40.000 tahun. Pika sekarang masih bisa ditemukan di daerah-daerah Asia bagian utara & Amerika utara.

Seperti kerabatnya kelinci, pika adalah pemakan tumbuhan & menghasilkan tinja halus yg akan mereka cerna kembali untuk diserap lagi nutrisinya sampai menjadi tinja yg keras. Makanan mereka bervariasi, mulai dari rumput, biji, sampai lumut. Berkebalikan dengan hamster, pika aktif & mencari makan di siang hari. Pika biasanya tinggal di celah-celah bebatuan, sementara beberapa jenis membuat liang sendiri. 

Satu hal yg unik dari pika adalah, mereka tidak berhibernasi (tidur panjang) pada musim dingin. Sebelum musim dingin tiba, mereka mengumpulkan rerumputan sebagai persediaan makanan. Sebelum dibawa masuk ke dalam sarang, pika lebih dulu menghangatkan rerumputan itu sampai kering di atas batu karena air dalam rumput itu pada musim dingin akan membeku & malah membuat pika kedinginan. Di daerah pegunungan Eurasia, pika kadang-kadang berbagi liang dengan burung kutilang salju. 

Pika makin dikenal di seluruh dunia setelah Nintendo memakai hewan ini sebagai salah satu sumber ide untuk salah satu karakter dalam game Pokemon, Pikachu, yg merupakan salah satu karakter favorit anak-anak & remaja. Popularitas Pikachu yg luas secara tidak langsung ikut mengangkat popularitas pika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar